Tuesday, January 21, 2014

Bahaya Durian Bagi Ibu Hamil

Screenshot

Buah durian atau duren tidak berakibat langsung terhadap kehamilan. Namun, di dalamnya terkandung dua zat yang pada kadar tertentu dapat memberi efek terhadap kehamilan. Kedua zat tersebut adalah alkohol dan asam arachidonat.


  • Alkohol dapat mengakibatkan gangguan terhadap tumbuh kembang janin dalam kandungan. Salah satu gangguan tersebut yaitu berat badan lahir rendah (BBLR). 
  • Asam arachidonat adalah senyawa pencetus pembentukan prostaglandin atau senyawa yang dapat merangsang kontraksi rahim yang dapat mengakibatkan terjadinya keguguran (pada trimester pertama) atau kelahiran dini/kelahiran prematur.

Kadar dari kandungan kedua zat tersebut dalam 1 buah durian tidak mencukupi untuk menimbulkan kedua efek di atas. Dengan kata lain, buah durian aman untuk dikonsumsi selama buah tersebut masih dalam keadaan segar, bersih serta dengan porsi konsumsi yang tidak berlebihan.  Seperti mengonsumsi setengah buah utuh sudah cukup.

No comments :

Post a Comment

Sekian dari kami, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan kita. Jangan ragu meninggalkan jejak melalui komentar. Bagi yang ingin berbagi pengalaman silahkan tuliskan lewat komentar dibawah, semoga pengalaman Anda bisa jadi pelajaran buat yang lainnya.