Monday, January 20, 2014

Bahaya Monosodium Glutamat Bagi Ibu Hamil

petunjukibu.blogspot.com msg
Sebagian bunda-bunda mengalami susah makan, apalagi bagi bunda yang tengah hamil di trimester pertama. Berbagai jenis makanan diupayakan di konsumsi namun tetap sulit dan berujung muntah. Sebagai alternatif biasanya dengan cemilan, namun di tiap cemilan hampir semuanya mengandung msg atau monosodium glutamat. Gimana dampaknya bagi ibu hamil?

Perbedaan monosodium glutamat dan mononatrium glutamat ?
Sodium adalah sebutan untuk unsur kimia Na. Sehingga senyawa yang mengandung Na bisa disebut senyawa sodium atau bisa juga disebut senyawa natrium. Monosodium glutamat adalah penyebutan berdasarkan senyawa, dimana senyawa Na sering disebut sebagai sodium. Mononatrium glutamat adalah penyebutan karena asam glutamat tersebut mengandung unsur Na.

Apakah monosodium glutamat / msg aman bagi ibu hamil ?
Ya, aman selama ibu hamil tidak sensitif terhadap msg ini. The Food and Drug Administration ( FDA ) telah menguji MSG selama bertahun-tahun dan diakui sebagai kategori aman. Tidak ada bukti bahwa MSG berbahaya bagi bayi berkembang khususnya ibu hamil trimester pertama bahkan untuk dosis besar.
Pada orang yang sensitif terutama ibu hamil, MSG dapat memicu sakit kepala , mual , muntah , pusing , dan gangguan tidur . Jadi, sebaiknya menghindarinya selama kehamilan , terutama jika Anda sensitif terhadap MSG sebelum hamil.

Jadi buat para bunda yang selama ini takut akan monosodium glutamat bisa mengkonsumsi cemilan tanpa khawatir lagi. Bagi bunda yang tengah mengandung dan susah makan, harus berjuang ya demi dede tercinta. Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments :

Post a Comment

Sekian dari kami, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan kita. Jangan ragu meninggalkan jejak melalui komentar. Bagi yang ingin berbagi pengalaman silahkan tuliskan lewat komentar dibawah, semoga pengalaman Anda bisa jadi pelajaran buat yang lainnya.