Sunday, December 22, 2013

10 Makanan Minuman Yang Tidak Boleh Di Konsumsi Ibu Hamil


Bunda perlu tahu makanan yang tidak boleh di konsumsi selama masa kehamilan. Ini penting sekali. Jangan sampai si buah hati mengalami gangguan hanya karena Bunda kurang paham tentang menu makanan sehat selama 9 bulan masa kehamilan.

Berikut makanan yang harus dihindari bagi bunda selama hamil :
  1. Hindari makan daging mentah atau yang dimasak kurang matang, karena dapat terkontaminasi. toksoplasmosis dan Ecoli. Parasit ini dapat menyebabkan infeksi serius pada janin dan bunda. 
  2. Jangan mengkonsumsi buah dan sayuran yang tidak dicuci dengan baik karena toksoplasmosis juga ada pada sayuran dan buah yang tidak bersih, oleh karena itu bersihkan sayuran dengan benar, apalagi untuk salad atau lalapan yang di makan mentah. 
  3. Hindari juga kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing karena mengandung toksoplasmosis.
  4. Jangan makan daging ayam, hati ayam dan telur yang di masak kurang matang atau mentah yang mungkin sumber salmonella yang dapat menyebabkan diare yang berat pada ibu hamil. Juga harus di perhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.
  5. Hindari Ikan terutama yang berukuran besar. Penyebabnya hanya satu, kandungan merkuri di dalamnya bisa menyebabkan kerusakan pada otak bayi. Apalagi sekarang banyak polusi di laut, dan pencemaran-pencemaran yang masih sulit dikendalikan. Menurut penelitian kadar merkuri dalam ikan semakin banyak dengan bertambahnya usia ikan. Ikan laut sebenarnya mempunyai kandungan Omega 3 yang terbaik. Namun, sayangnya di usia kehamilan muda, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ikan laut.
  6. Hindari segala jenis susu dan keju yang tidak mengalami pasteurisasi yang sempurna, tak terkecuali juga keju dari susu kambing dan domba. Semua produk ini mempunyai resiko membawa listeria. Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin. Listeria dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan dalam darah. Sebaiknya hindari makanan jenis ini sampai melahirkan bayi anda.
  7. Jangan minum-minuman yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin dan gangguan emosional pada bayi.
  8. Minuman yang mengandung cafein seperti kopi, teh, sebaiknya dihindari atau di batasi karena kopi dapat mempengaruhi berat badan lahir rendah pada bayi, keguguran dan juga bisa mengurangi  penyerapan zat besi sehingga bayi lahir anemia.
  9. Hindari makanan yang kemungkinan mengandung pestisida di dalamnya terutama pada buah dan sayuran, karena bisa mengontaminasi janin dan menyebabkan janin terganggu bahan kimia yang terbawa masuk ke dalam perut.
  10. Jangan konsumsi buah nanas, buah nanas terkenal mempunyai kandungan yang berbahaya bagi janin. Terlebih untuk nanas muda. Bagi wanita yang kandungannya masih muda, hindari mengkonsumsi buah nanas muda karena akan memungkinkan untuk mengalami keguguran. Secara medis, nanas mengandung enzim bromelain yang mampu membuat lunak jaringan ikat pada rahim ibu hamil.

No comments :

Post a Comment

Sekian dari kami, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan kita. Jangan ragu meninggalkan jejak melalui komentar. Bagi yang ingin berbagi pengalaman silahkan tuliskan lewat komentar dibawah, semoga pengalaman Anda bisa jadi pelajaran buat yang lainnya.