Friday, December 20, 2013

Nyeri Perut, Apa Hamil Diluar Kandungan ?


Kehamilan diluar kandungan atau dalam bahasa medis disebut kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi bukan di tempat seharusnya. Dalam artian janin bertumbuh bukan di rahim tapi ditempat lain seperti saluran telur, indung telur, dll. Namun yang paling sering kehamilan ektopik ini terjadi di saluran telur. Beberapa penyebab terjadinya kehamilan di luar rahim, antara lain seperti infeksi pada saluran telur, ada riwayat operasi saluran telur, adanya cacat bawaan, pernah kehamilan ektopik sebelumnya, penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim, dan abortus yang di sengaja.
Kehamilan ektopik biasanya baru memberikan gejala-gejala yang jelas dan khas kalau janin sudah mulai membesar dan tempat bertumbuhnya janin sudah terdesak. Berikut adalah video terjadinya kehamilan ektopik.


Bagaimana tanda dan gejala kehamilan ektopik ?
  1. Terlambat haid dan ada ciri-ciri kehamilan seperti mual muntah dan hasil test kehamilan positif, 
  2. Nyeri perut di bagian bawah yang tiba-tiba dan sangat nyeri, kadang-kadang nyerinya lebih terasa di sebelah kiri atau kanan, 
  3. Keluarnya darah berwarna coklat tua dan sedikit, pusing dan bahkan bisa pingsan akibat perdarahan di dalam. Gejala lainnya yang juga dapat timbul antara lain adalah nyeri saat perut dipegang, 
  4. Pembesaran rahim (namun biasanya besarnya rahim lebih kecil dari usia kehamilan yang seharusnya), 
  5. Gangguan kencing, 
  6. Gejala diatas akan semakin nampak disaat bunda berhubungan seksual,
Apa yang harus dilakukan jika bunda mengalami tanda dan gejala kehamilan ektopik ?

Harus segera konsultasikan ke dokter karena diagnosanya harus ditegakkan dengan cepat dan ditangani dengan tepat. Resiko semakin besar disaat makin terlambat terdiagnosis karena bisa menyebabkan kebocoran saluran telur dan terjadi perdarahan di dalam.
Biasanya dokter akan menanyakan riwayat gejala yang diderita dan melakukan beberapa pemeriksaan guna memastikan diagnosis serta langkah penatalaksaan yang tepat sesuai kondisi yang ditemukan. Jika sudah terjadi kebocoran biasanya harus dilakukan tindakan operasi segera untuk menyelamatkan ibu dari perdarahan.


No comments :

Post a Comment

Sekian dari kami, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan kita. Jangan ragu meninggalkan jejak melalui komentar. Bagi yang ingin berbagi pengalaman silahkan tuliskan lewat komentar dibawah, semoga pengalaman Anda bisa jadi pelajaran buat yang lainnya.